Senin, 23 Oktober 2017

Kedelai Transgenik

Kedelai saat ini diakui sebagai salah satu tanaman terpenting di dunia baik dari segi nilai ekonomi maupun kandungan gizi. Tanaman kedelai terbukti lebih menguntungkan daripada kebanyakan tanaman pangan lainnya, termasuk jagung. Selanjutnya, kedelai telah diidentifikasi sebagai sumber ideal protein, karbohidrat, minyak, serat, vitamin, dan mineral, serta digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan gizi di banyak negara berkembang. Namun, kedelai sangat rentan terhadap infeksi nematoda dan kondisi buruk lainnya adalah kekeringan dan salinitas tinggi. Infeksi nematoda, terutama nematoda kista kedelai, memiliki dampak buruk pada produksi kedelai di A.S. Studi telah menunjukkan bahwa tekanan panas dan periode kekeringan yang lama secara signifikan mengurangi hasil tanaman kedelai.
Kedelai telah diamati memiliki kandungan asam oleat yang tinggi. Mora (2013) menyatakan bahwa asam oleat atau memiliki nama lain cis-9-oktadekanoat merupakan asam lemak tak jenuh yang banyak terkandung dalam minyak nabati. Dalam bidang kesehatan, asam oleat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu juga asam oleat, dengan satu ikatan rangkap, bersifat netral terhadap LDL (tidak menurunkan atau menaikkan), tetapi dapat meningkatkan lipoprotein HDL. Asam lemak tidak jenuh rantai ranjang (terutama asam lemak omega – 3 EFA dan DHA) telah terbukti berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan penyumbatan pembuluh darah (arterosklerosis), trombosis, hipertrigliseridaemia dan tekanan darah tinggi. Di samping itu potensial untuk pencegahan dan pengobatan asma, artritis, migrain, dan beberapa jenis kanker yaitu: prostat, payudara dan kolon.
Luu et al. (2015) dalam penelitiannya telah melakukan metode transformasi tanaman yang dimediasi Agrobacterium. Metode yang dilakukan yaitu kultivar Kedelai William 82 ditransformasikan dengan gen pHL661 yang terbentuk pada strain Agrobacterium EHA105. Protokol pHL661 direkayasa untuk mengandung gen CPI1 yang dikendalikan oleh promotor 35S, yang memungkinkan ekspresi konstitutif CPI1 pada tanaman transgenik. Gen hptII juga dimasukkan ke dalam konstruksi, yang memungkinkan pemilihan langsung sel tanaman berubah dengan higromisin B. Konstruksinya pHL661 mengandung gen resistensi kanamisin untuk seleksi Agrobacterium. Namun, penelitian ini masih dalam proses. Belum adanya regenerasi seluruh tanaman kedelai transgenik yang menunjukkan tekanan berlebihan CPI1. Sampai saat ini, telah dilakukan prosedur transformasi eksplan kedelai, dan telah disubkontrakkan eksplan ke titik medium pemanjangan tunas. Hasilnya sangat menjanjikan karena semua tunas regenerasi tumbuh dengan baik di media selektif yang mengindikasikan keberhasilan transformasi dan regenerasi tanaman transgenik.
Proses Regenerasi Tanaman Kedelai Transgenik 
(Sumber: Luu et al., 2013)
Berdasarkan penelitian tersebut dapat dilihat bahwa proses regenerasi pada kedelai dapat tumbuh dengan baik. Gen resisten dari bakteri Agrobacterium  dimasukkan ke kedelai dapat digunakan teknologi molekular untuk meningkatkan pembentukan asam oleat. Dengan peningkatan kadar asam oleat ini membuat kedelai lebih memiliki kualitas yang baik.

Referensi:
Mora, E., Emrizal, & Nandhana Selpas. (2013). Isolasi dan Karakterisasi Asam Oleat dari Kulit Buah Kelapa Sawit (Elais guinensis Jacq.). Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia 1(2), Maret 2013: 47-51.

Luu, T., DeMarsh, T., Zeng, P. (2015). Generating a Novel Soybean (Glycine max) Cultivar with Resistance to Nematode Infection and High Performance in Adverse Conditions through Overexpression of Cysteine Protease Inhibitor 1. Presentation poster. Student Research Showcase

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California Archives - DRMCD
    Harrah's Resort Southern California Archives When you hit a jackpot, get rewarded with extra cash and 고양 출장마사지 free 의정부 출장안마 breakfast. 광주광역 출장마사지 You can also 통영 출장마사지 play 청주 출장마사지 table games and slot

    BalasHapus

LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGENCERAN LARUTAN

V. Data & Hasil Pengamatan ·          100 ml larutan NaCl 0.58 gr Pada proses pembuatan larutan NaOH , dengan men a mba h kan a...