Minggu, 22 Oktober 2017

COLDEN RICE (BERAS EMAS)


Gambar terkait
Sumber : Isa, 2014
Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat di negara berkembang. Sehingga akan sangat menguntungkan apabila beras memiliki kandungan provitamin A. Namun, kandungan beta karotin padi hanya terdapat pada jaringan hijau seperti daun, sedangkan endosperma padi (beras yang kita konsumsi) tidak memiliki kandungan nutrisi ini. Namun, 400 juta orang miskin. Orang-orang dalam masyarakat berbasis padi memiliki kekurangan vitamin A . Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan permanen dan juga berkontribusi pada meningkatnya kejadian dan keparahan penyakit menular. Beras emas dikembangkan dengan memasukkan gen wortel ke dalam beras untuk mengatasi kekurangan vitamin A Karena itu, pengembangan beras emas diperkaya dengan pro vitamin A semoga akan meringankan masalah ini. Dengan menggunakan teknik rekayasa genetika, gen wortel dimasukkan ke dalam endosperm beras untuk menghasilkan pro-vitamin A melalui biosintesis karotenoid. Karotenoid adalah kelompok pigmen tumbuhan yang penting untuk diet manusia. Salah satu karotenoid, β-karoten.Yang merupakan pro-vitamin A berubah menjadi retinol (vitamin A) saat memasuki tubuh manusia (Amin, 2010).
Setiap tanaman menghasilkan pro-vitamin A di jaringan hijau mereka dan kemudian akan menjadi diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Tanaman GM, yang dikenal dengan nama Golden Rice ditemukan mampu menghasilkan 23 kali lebih banyak pro vitamin A (betakaroten) dibanding prototipe diumumkan pada tahun 2000.
Tanaman transgenik merupakan hasil tanaman dari introduksi gen tertentu ke dalam tubuh tanaman sehingga diperoleh sifat yang diinginkan.Beras Golden dimodifikasi secara genetis untuk memecahkan kekurangan vitamin A. Hal ini tidak diharapkan untuk menyediakan 100% kebutuhan vitamin A pada dietnya, namun perkembangannya semoga akan menambah asupan saat ini untuk mencapai vitamin A kecukupan. Salah satu metode yang digunakan adalah melalui rekayasa genetika komoditi padi sebagai cara untuk penanggulangan krisis pangan dinegara Indonesia dilakukan antara lain melalui upaya perakitan kultivar tanaman yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit untuk menghasilkan bahan makanan berkualitas.
Salah satu cara penanggulangannya ialah dengan menghasilkan padi transgenik hasil pemuliaan tanaman yang tidak mampu menghasilkan provitamin A menjadi tanaman yang dapat menghasilkan provitamin A. Pandangan ini sesuai dengan literatur yang didapatkan mengenai Padi transgenik adalah jenis padi hasil transfer gen dari jenis tanaman yang berbeda. Dalam hal ini, padi transgenik yang sedang dikembangkan di Indonesia ialah (Beras Emas) yang mengandung betakarotena (provitamin A) pada bagian endospermanya. Pada tipe normal, endosperma padi tidak menghasilkan beta-karotena dan akan berwarna putih hingga putih kusam. Namun karotena akan menyebabkan warna beras menjadi tampak kuning-jingga. Beta-karotena tersebut akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh (Hidayat, 2014).
https://www.isaaa.org/kc/inforesources/biotechcrops/image1.jpg
Sumber : Isa, 2014
DAFTAR PUSTAKA
Amiin, Latifah. 2010. Ethical Perception of Golden Rice in Malaysia. Malaysian Journal of             Environmental Management. 11(2): 71-78.
Hidayat , Yayat Rahmat. 2014. Persepsi Masyarakat Terhadap Tanaman Transgenik Di Kabupaten             Cirebon. Jurnal Agrijati. 1(26) : 75-88. 
https://www.isaaa.org/kc/inforesources/biotechcrops/The_Golden_Rice_Technology.htm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGENCERAN LARUTAN

V. Data & Hasil Pengamatan ·          100 ml larutan NaCl 0.58 gr Pada proses pembuatan larutan NaOH , dengan men a mba h kan a...