Sabtu, 21 Oktober 2017

Dampak Positif dan Negatif GMO

Teknologi DNA rekombinan atau rekayasa genetika telah melahirkan revolusi baru dalam berbagai bidang kehidupan manusia, yang dikenal sebagai revolusi gen. Produk teknologi tersebut berupa organisme transgenik atau organisme hasil modifikasi genetik (OHMG), yang dalam batrasa Inggris disebut dengan Genetically Modified Organism (GMO). Namun, sering kali pula aplikasi teknologi DNA rekombinan bukan berupa pemanfaatan langsung organisme transgeniknya melainkan produk yang dihasilkan oleh organisme transgenik. Dewasa ini cukup banyak organisme transgenik atau pun produknya yang dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Beberapa di antaranya bahkan telah digunakan untuk memenuhi kebutuhaa hidup sehari-hari. Berikut ini akan dikemukakan beberapa contoh pemanfaatan organisme transgenik dan produk yang dihasilkannya dalam berbagai bidang kehidupan manusiq khususnya bidang pertanian dan kesehatan.
  • ·         Kelebihan Aplikasi Teknologi DNA Rekombinan (GMO) di Bidang Pertanian dan Kesehatan

Aplikasi teknologi DNA rekombinan di bidang pertaniao berkembang pesat dengan dimungkinkannya transfer gen asing ke dalam tanaman dengan bantuan bakteri Agrobacterium tumefaciens. Melalui cara ini telah berhasil diperoleh sejumlah tanaman transgenik seperti tomat dan tembakau dengan sifat-sifat yang diinginkan, misalnya perlambatan kematangan buah dan resistensi terhadap hama dan penyakit tertentu.
Di bidang kesehatan, rekayasa genetika terbukti mampu menghasilkan berbagai jenis obat dengan kualitas yang lebih baik sehingga memberikan harapan dalam upaya penyembuhan sejumlatr penyakit di masa mendatang. Bahan-bahan untuk mendiagnosis berbagai macam penyakit dengan lebih akurat jugatelah dapat dihasilkan.
  • ·        Kekurangan DNA Rekombinan (GMO)

Meskipun terlihat begltu besar memberikan manfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia produk teknoiogi DNA rekombinan (organisme transgenik beserta produk yang dihasilkannya) telah memicu sejumlah perdebatan yang menarik sekaligus kontroversial apabila ditinjau dari berbagai sudul pandaag. Kontroversi pemanfaatan produk rekayasa genetika antara lain dapat dilihat dari aspek sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan.
  • ·         Penutup

Kontroversi pemanfaatan organisme transgenik dan atau produknya nampaknya masih akan terus berlangsung dalam beberapa waktu yang akan datang. Kearifan dalam menyikapi permasalahan ini sangat diperlukan dengan memberikan pandangan yang obyektif dari berbagai aspek.
  • Daaftar Pustaka


Artikel dikuti dari modul Drs. Agus Hery Susanto, M.S. yang berjudul Kontroversi Pemanfaatan Organisme Transgenik dan Produk yang Dihasilkan
Gambar diambil dari lama : https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjZsPfIiILXAhWDs48KHQZwApUQjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fwww.kidsrighttoknow.com%2Fgmos%2F&psig=AOvVaw1LhNc7fFpg19bWP26sRDmf&ust=1508687358586836

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGENCERAN LARUTAN

V. Data & Hasil Pengamatan ·          100 ml larutan NaCl 0.58 gr Pada proses pembuatan larutan NaOH , dengan men a mba h kan a...