Kamis, 28 Desember 2017

KITOSAN, KITIN DAN KOLAGEN

Hai reader tau gak sih kalian apa itu kitosan, kitin dan kolagen?
Kitin adalah polisakarida struktural yang digunakan untuk menyusun eksoskleton dari artropoda (serangga, laba-laba, krustase, dan hewan-hewan lain sejenis). Kitin tergolong homopolisakarida linear yang tersusun atas residu N-asetilglukosamin pada rantai beta dan memiliki monomer berupa molekul glukosa dengan cabang yang mengandung nitrogen. Kitin murni mirip dengan kulit, namun akan mengeras ketika dilapisi dengan garam kalsium karbonat. Kitin membentuk serat mirip selulosa yang tidak dapat dicerna oleh vertebrata.
Kitosan adalah suatu polisakarida berbentuk linier yang terdiri dari monomer N-asetilglukosamin (GlcNAc) dan D-glukosamin (GlcN). Bentukan derivatif deasetilasi dari polimer ini adalah kitin. Kitin adalah jenis polisakarida terbanyak ke dua di bumi setelah selulosa dan dapat ditemukan pada eksoskeleton invertebrata dan beberapa fungi pada dinding selnya. Kitosan memiliki bentuk yang unik dan memiliki manfaat yang banyak bagi pangan, agrikultur, dan medis. Namun, untuk melarutkan kitosan ini cukup sulit karena kitosan dapat larut apabila dilarutkan pada asam dan viskositas yang tinggi.
Nah readers diatas sudah dijelaskan bahwa kitin itu apa dan kitosan untuk apa. Selanjutnya kitin sama kitosan itu buat apa sih readers? Emang penting ya? Berguna gak sih?. Jawabanya ternyata kitin sama kitosan itu bisa sebagai bahan adsorben limbah logam berat dan zat warna readers. Bisa juga sebagai pengawet, anti jamur, kosmetik, farmasi, anti kanker dan banyak lagi. Wah banyak juga yah kegunaanya readers.
Kolagen itu merupakan komponen yang paling penting untuk menjaga elastisitas kulit loh guys. Dan ternyata kalo dalam tubuh kita kekurangan kolagen bakal berdampak juga pada visual kita nih guys. Contohnya itu rambut dikepala mudah rontok, kulit menjadi kering hhingga rapuhnya pada kuku. Serem juga ya readers (lebay)
Nah readers pasti pada tanya tanya kan kenapa sih kita bisa kekurangan kolagen gitu? Jawabannya adalah ternyata kolagen dalam tubuh dapat berkurang yang disebabkan oleh beberapa faktor nihh, contohnya kayak merokok, minum alkohol, hingga kelebihan asupan gula nih readers.
Dan tau gak sih ? Ternyata kolagen juga memiliki fakta yang menarik nih readers, diantaranya :
1.       Kolagen sebagai elastisitas kulit tubuh, udah jelas dong ya tadi sudah dijelaskan bahwa kolagen merupakkan komponen yang paling penting menjaga elastisitas kulit kita.
2.       Kolagen hadir dalam berbagai krim perawatan kulit, nahloh pasti sering denger kan ya yang ada di iklan itu loh readers kayak produk Po*ds gitu, jadi buat kalian laki-laki atau perempuan itu pastinya harus merawat dan menjaga kulit kalian ya. Salah satunya dengan menggunakan krim atau peklembab juga.
3.       Buah-buahan dengan jumlah vitamin C dan vitamin A yang tinggi dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Nah readers salah satu yang paling murah mungkin ini yah karena buah buahan yang mengandung vitamin keduanya itu banyak sekali, mulai dari jeruk, jambu, sayuran wortel dan masih  banyak lagi.
4.       Kolagen dapat membantu untuk melancarkan proses regenerasi sel kulit yang rusak.

Mungkin masih banyak ya readers fakta-fakta tentang kolagen ini dan masih bisa kalian cari pada tulisan-tulisan lainnya. So buat readers yang mau kulitnya sehat jangan lupa untuk dijaga ya, karena kalo bukan kita siapa lagi (kok jadi iklan....hehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGENCERAN LARUTAN

V. Data & Hasil Pengamatan ·          100 ml larutan NaCl 0.58 gr Pada proses pembuatan larutan NaOH , dengan men a mba h kan a...